Tape Uli Betawi makanan manis tradisional Indonesia

Tape Uli Betawi adalah makanan manis tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan hitam dan santan. Adonan digoreng dengan minyak kelapa, lalu disiram dengan cairan manis. Pancake yang digoreng tipis kemudian ditaburi kelapa parut, wijen, gula halus dan gula jawa. Tape Uli Betawi Memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang sedikit manis. Makanan ini populer […]

Tape Uli Betawi adalah makanan manis tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan hitam dan santan. Adonan digoreng dengan minyak kelapa, lalu disiram dengan cairan manis. Pancake yang digoreng tipis kemudian ditaburi kelapa parut, wijen, gula halus dan gula jawa. Tape Uli Betawi Memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang sedikit manis. Makanan ini populer di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Filipina.

Tape Uli Betawi bisa dimakan sendiri atau sebagai pendamping makanan lain seperti es krim atau kopi. Di Indonesia, sering dimakan selama bulan puasa Ramadhan karena tidak mengandung gula yang akan membatalkan puasa.

Di Indonesia dibuat dengan cara merebus tepung ketan dalam santan hingga terbentuk adonan yang lengket. Setelah adonan terbentuk, dapat disusun menjadi bentuk bulat dan digoreng untuk menciptakan kerak klasik yang renyah atau dipanggang.

Di Malaysia dan Singapura, Uli Betawi bisa dimakan sendiri sebagai snack atau dessert atau dengan es krim. Di Malaysia juga dapat dicampur dengan yogurt untuk tekstur yang mirip dengan mutiara tapioka

Artikel Terkait Tape Uli Emak

phone-handsetcross